Firewall

Dulu pertama kali kenal firewall waktu jadi as. lab. di kampus.Kita belajar firewall trustix ( application / software base ). applikasi firewall ini jalan di windows os, configurasinya ga terlalu susah. dia terbagi menjadi 3 bagian WAN, DMZ dan LAN.

Kalau di kantor pakai firewall juga, merk …. ( maaf tidak di sebutkan ) tapi ini hardware base. Sama dengan trustix , firewall ini punya tiga bagian WAN, DMZ dan LAN. Konfigurasinya juga tidak terlalu susah.Anda pasti pernah denger yang namanya Zone Alarm, Astaro, Tiny Firewall & Windows firewall itu semua software firewall juga. Kalau windows firewall sudah built in di windows XP sp2 dan windows 2003 SP1 tetapi yang di win 2003 belum enabled, jadi harus di setting dulu supaya enable.Sekarang saya mao sharing tentang firewall, mao kan???

Apa sih firewall itu?Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya. Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki akses ke Internet dan juga tentu saja jaringan korporat di dalamnya, maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial.

Saya lebih suka menyebutnya Internet firewall, karena biasanya firewall itu di gunakan antara jaringan lokal dan internet. Anda setuju?

Seperti yang saya sebutkan di atas biasanya internet firewall punya dua atau tiha ethernet port tergantung dari vendor atau modelnya. Port – port tersebut digunakan untuk memisahkan network menjadi area terpisah, port-port itu adalah:

WAN – Wide Area Network, port WAN ini biasanya menghubungkan ke peralatan internet access, contoh modem, atau router.

LAN – Local Area Network, port LAN ini menghubungkan ke local network / private network melalui HUB atau Switch.

DMZ – Demilitarized Zone, port ini digunakan untuk publik server, seperti WEB, FTP atau Email Server. Server yang berada di zona ini dapat di access melalu internet, tetapi masih terjaga dari serangan / gangguan dari pihak luar.

Di bawah ini adalah gambar internet firewall dengan 2 port ethernet.

firewall1

Di Dari gambar di atas, bisa kita lihat bahwa network tersebut tidak mempunyai public server. Network ini hanya mempunyai WAN area / Internet dan LAN area / Private network.

Berikut adalah gambar internet firewall dengan 3 ethernet port.

firewall2

Dari gambar di atas, terlihat bahwa network tersebut mempunyai 3 buat area yaitu WAN area / Internet, DMZ area / Public server and LAN area / Privat Network.

Demikianlah tutorial singkat dari saya, semoga bermanfaat. Setelah artikel ini, saya akan menulis step-by-step implementasi sebuah Microsoft ISA Server. Dari Instalasi, configure sampai running, pokok ke lengkap deh. Ada yang mao…?

Salam IT,

Halik Sahbana

Leave a comment